25.3.09

Traitor


Samir Horn (Don Cheadle) adalah seorang Sudan-Amerika yg berbahasa Arab dan Muslim taat. Ayahnya seorang Arab Sudan terbunuh oleh sebuah bom mobil ketika dia masih kecil. Sebagai orang dewasa, pertama kali terlihat, Samir berprofesi sebagai agen penjual senjata api. Kala sedang bernegosiasi dengan Omar (Said Taghmaoui) di Yaman, ia tertangkap dan ia dilemparkan ke dalam penjara Yaman. Samir dan Omar berteman di penjara dan ketika orang-orang dari Omar yang berencana melarikan diri, ia membawa Samir dengan mereka.

Setelah bergabung dengan Persaudaraan Islam, Samir menggunakan keterampilan yang ia pelajari sebagai seorang staf insinyur 18C di unit khusus tentara Amerika untuk mengebom konsulat Amerika di Nice, Perancis. Kelompok ini kemudian merancang sebuah skenario untuk menempatkan pengebom bunuh diri pada 50 bis di Amerika selama hari Thanksgiving. Sementara itu, di London, Persaudaraan Islam mendapati informasi bahwa Fareed sedang menjadi target oleh FBI dan dia melarikan diri setelah mendapatkan informasi dari sumber di kantor pusat FBI. Hal ini menunjukkan bahwa Samir sedang menyamar menjadi agen mata-mata untuk petugas intelijen, Carter (Jeff Daniels), dengan pemerintah Amerika Serikat melawan terorisme. Agen FBI yang mengejarnya tidak mengetahui hal ini, dan Carter dibunuh oleh Omar.

Sementara itu, Agen Khusus FBI Roy Clayton (Guy Pearce) mengejar Samir melalui berbagai negara, sehingga akhirnya mereka bertemu di Halifax, Nova Scotia, Kanada. Sedangkan pada geladak kapal menuju Marseilles, Perancis, Samir mempelajari identitas dan membunuh Nathir, Fareed, dan saat Omar akan membunuhnya, ia memberitahu bahwa ia telah mengabarkan kepada semua email para pegebom bunuh diri dan mereka semua, dia ditempatkan pada bus yang sama dan mereka semua sekarang sudah mati. Polisi Kanada, dengan FBI, menerobos masuk dan membunuh Omar dan melukai Samir.

Kemudian, di bawah jembatan Chicago, Samir memberitahu Agen Clayton bahwa ia merasa bersalah karena membunuh orang-orang yang tidak bersalah dalam konsulat. Rencananya semula hanyalah menempatkan mayat-mayat di konsulat untuk mengelabui kalau dia telah membunuh org yg tidak bersalah, namun beberapa pekerja tanpa sengaja masih berada di dalam bangunan ketika bom itu meledak. Samir memberitahu Clayton bahwa Qu'ran mengatakan membunuh satu orang yang tidak bersalah sama dengan membunuh semua umat manusia. Clayton juga menjawab dengan mengutip Qu'ran yg mengatakan bahwa dengan menyelamatkan satu orang yang tidak bersalah, Anda sudah menyelamatkan semua umat manusia, dan dia memberitahu Samir adalah seorang pahlawan. Film berakhir dengan Samir berdoa di sebuah masjid.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

My review :

Buat yg suka film agen rahasia atau mata-mata,
anda harus menonton film ini.

Namun jangan berharap banyak dan tidak
menjadi kecewa karena film ini tidak
seperti film Born Identity trilogy yg banyak action
nya..

Film ini hanyalah sebuah film drama tentang
konflik mata-mata terorisme di timur tengah.

Seharusnya tidak ada masalah bagi pemerintah
Indonesia mengijinkan film ini masuk dan di
tayangkan di bioskop kesayangan anda
sekalipun film ini kental dengan nuansa islam
berikut adegan beribadahnya..

Film ini hanya menunjukkan bahwa seorang
muslim yang menentang terorisme dengan
menyamar sebagai teroris untuk menumpas
teroris ! entah apakah ini benar² pernah
terjadi di dunia nyata??

-Acting yang bagus oleh Don Cheadle!
-Plot tersusun baik
-Ketegangan tidak banyak, lebih ke drama
-Dialog membawa pesan perdamaian
-Keaslian ide cerita, banyak sih tema² sejenis

just trivia: film ini gagasannya berasal dari
steve martin seorang komedian (pink Phanter)
kok bisa ya..

maka film ini saya vonis : bagus, luangkan
waktu untuk menontonnya..

so my verdict as usual..
-Cast : 7/10
-Plot : 7/10
-Intensity : 5/10
-Quotes : 7/10
-Originality Story : 6/10

-My rating overall: 7/10


Penn.
.
.

No comments:

Post a Comment


Please leave your comment here..
No profanity please ..

Don't Forget to Visit Here..

`Encyclopaedia Metallum: The Metal Archives

`Google[dot]Com

`Lemari Buku Vina

`Internet Movie DataBase

`Wikipedia