23.11.10

Relationship is the new currency

http://www.kompaskarier.com/images/13_-_11_-_2010.jpg

OBAMA, idola saya, datang. Anak Menteng itu akhirnya pulang kampung.Dalam kunjungan supersingkat yang diwarnai jadwal superpadat, Obamamenyempatkan berpidato di balairung UI, Depok, awal minggu ini. Saya hanya bisa menonton pidato tersebut dari televisi dan membaca script pidato yang disebarluaskan melalui social network. Ada perasaan iri, maaf, -superiri- terhadap Yoris Sebastian, Agam Poedjiwo, Enda Nasution, dan sahabat-sahabat lain yang memperoleh undangan untuk hadir di sana. Dalam pidato itu, Obama banyak bicara soal relationship - antara dirinya dengan keluarga. Relationship dengan orang-orang Indonesia. Relationship antara dua bangsa. Selain itu, relationship antargenerasi.


    Relationship is a BIG word with an oven BIGGER meaning. Saya mengidolakan Obama karena kepiawaiannya untuk memaknai dan mengelola relationship dalam situasi apapun. Menjalani masa kecil dengan ayah sambung, berpindah tempat tinggal dengan kultur berbeda-beda, dan tumbuh dewasa tanpa orangtua cuma sebagian kecil dari tantangan hidup Obama. Sebagai orang yang sudah melalui hal-hal serupa, walaupun tidak sedramatis beliau, saya tidak habis pikir bagaimana Obama bisa mempertahankan ke " normal " an dalam menjalani hidup.


    Relationship is about organizing reality. Obama mengatakan jika dirinya bukan president Amerika Serikat, bisa jadi tidak akan pernah diundang jamuan makan malam kenegaraan di Istana Merdeka. Ini bisa jadi benar. Namun, satu hal yang pasti,realitasnya Obama adalah president negara adidaya nonkulit putih pertama karena dukungan orang-orang terdekatnya. Ini contoh nyata bahwa hubungan dengan siapa pun akan mempertegas identitas diri. Passion, purpose, and values akan lebih terlihat jelas dengan kehadiran orang-orang yang tepat di sekeliling kita. Selain itu, orang-orang tersebut hanya akan hadir ( dan bertahan hadir ) apabila kita memberikan alasan yang tepat.


    Our greatest joy and our greatest pain comes in our relationship with others Stephen Covey. Tidak mudah memulai, dan terlebih menjaga relationship dengan orang lain dalam konteks pribadi, bisnis, ataupun sosial. Namun ,apabila relationship dikelola dengan baik, segala hal terbaik akan datang tanpa dicari. Semua hal terindah akan terjadi tanpa perlu ditagih.


    And the currency for relationship is called SINCERITY. relationship adalah " mata uang " perkembangan  karier dan kehidupan. Selain itu, " mata uang " ini berdenominasi tunggal, yaitu ketulusan.


    Perasaan iri saya dengan Yoris, Enda, dan Agam sudah tertebus. Saya sadar mereka adalah bagian dari generasi muda bangsa ini yang telah berkesempatan belajar langsung dari Obama. Melalui mereka, relationship kita dengan prinsip-prinsip ideal kehidupan akan terus terjaga. Candor datviribusalas.

Rene Suhardono-CareerCoach
Penulisbuku: "Your Job is NOT You Career"
Follow my twitter: @reneCC

 

No comments:

Post a Comment


Please leave your comment here..
No profanity please ..

Don't Forget to Visit Here..

`Encyclopaedia Metallum: The Metal Archives

`Google[dot]Com

`Lemari Buku Vina

`Internet Movie DataBase

`Wikipedia