17.2.09

The Ruins


Warning Spoiler Alert !

Film dibuka dengan adegan seorang gadis dalam gelap, berada di ruangan gelap seperti bawah tanah menangis meminta bantuan. Dia mencoba ponselnya, tetapi tidak melihat sinyal dan menjerit. Pada saat itu, ia terseret oleh sesuatu yg tidak kelihatan.


Dua pasangan muda Amerika (Jeff dan Amy, dan Eric dan Stacy) pergi berlibur di Meksiko. Mereka berleha-leha di renang di sekitar hotel mereka, dan berteman dengan turis Jerman, Mathias. Mereka memutuskan untuk membantu Mathias mencari saudaranya Heinrich, yang diduga bergabung dengan kelompok arkeologi gali di pulau terpencil, di reruntuhan Mayan di tengah hutan. Mereka berencana untuk menghabiskan sisa malam di tepi pantai, dan Amy pun menjadi mabuk. Jeff pergi ke tempat tidur, dan dengan berat Amy menggoda Mathias, hingga akhirnya Stacy memisahkan mereka. Pagi berikutnya, Amy yg masih sedikit mabuk terpengaruh alkohol berusaha membatalkan perjalanan ke puing, tetapi Jeff meyakinkannya untuk ikut.

Lokasi dari reruntuhan hanya ditampilkan pada peta buta yg Heinrich gambarkan sebelum berangkat. Dimitri, salah satu kelompok wisatawan Yunani, pergi juga, meninggalkan salinan peta tertinggal dengan sesama Yunani dalam pencarian orang teman, seorang wartawan yang juga telah pergi ke penggalian. Berbekal peta, kelompok memerlukan bus ke kota kecil, di mana mereka berusaha untuk meyakinkan sopir taksi untuk membawa mereka menuju sisa perjalanan. Pada awalnya dia menolak, mengatakan mereka tujuan mereka adalah "tempat yg
buruk." Namun, ketika Dimitri menawarkan supir empat puluh dolar, dia menyanggupi. Enam orang turun dari taksi dan mulai jarak terakhir dari perjalanan dengan berjalan kaki melalui daerah terjal.


Selama penyeberangan di sungai, mereka bertemu dua anak suku Mayan yang melihat mereka tetapi mengabaikan usaha mereka untuk berkomunikasi. kelompok yang akhirnya menemukan jalan ke reruntuhan, meskipun seseorang telah mencoba untuk menyembunyikan jalan itu. Dengan mengikuti jalan itu, mereka menemukan jalan tersembunyi, dimana didalamnya tampak seperti candi kuno, yang terdapat tanaman merambat merah dan bunga. Seorang penduduk kampung Mayan tiba-tiba muncul diatas punggung kuda, bersenjata dengan pistol, mengamuk dengan bahasa suku Mayan. Ia kelihatannya menginginkan mereka meninggalkan tempat tsb, tetapi lebih banyak orang datang, dengan bersenjata busur dan panah, mereka segera muncul dan mulai berteriak kepada kelompok itu dengan cara mengancam. Dengan panik, Mathias menunjukkan orang yg menunggang kuda yg ternyata pemimpin suku dengan gambar pada ponsel dari saudaranya. Penduduk desa mengambil telepon namun terus berteriak dan berdebat diantara mereka sendiri. Amy, mencoba untuk mengambil gambar keributan tsb, memundurkan diri untuk mendapatkan gambar yang lebih baik dan tak sengaja salah langkah menginjak tanaman rambat itu. suku Mayan yang menjadi lebih tak ramah lagi ketika Dimitri mengambil kamera dari Amy dan mencoba untuk memberikannya kepada mereka, tertembak panah di dadanya, diikuti dengan peluru bersarang di kepalanya. Kelompok itu panik dan berjalan menuju ke bagian atas candi. Suku Mayan tetap di bagian bawah.

Di bagian atas candi adalah sebuah kamp yang ditinggalkan, ada alat untuk menambang di tengah²nya. Kelompok itu mencoba ponsel tetapi mereka tidak medapati sinyal. Mathias mengatakan bahwa dia memiliki ponsel dengan sinyal kuat sebelumnya, tetapi sekarang Suku Mayan telah mengambil ponselnya. Dari bagian bawah lubang galian, mereka mendengar suara seperti ponsel dan Mathias mengenalinya sebagai nada dering dari saudaranya. Mereka berpikir mungkin ponsel itu dapat membantu melakukan panggilan untuk menyelamatkan diri, kelompok itu menurunkan Mathias ke dalam lubang. Setengah turun, talinya rapuh dan putus, menjatuhkan Mathias jatuh ke dalam lubang yg dalam dan gelap. kelompok itu membuat simpul tali yang berbeda dan menurunkan Stacy bawah, namun talinya setelah putus menjadi pendek sehingga ia harus meloncat dan jatuh terluka dilutut oleh pecahan kaca tetapi menemukan Mathias. Ia tidak dapat memindahkan kakinya, ia nampaknya telah mematahkan punggungnya. Amy bergegas ke bagian bawah candi memberitahu tentang suku Mayan bahwa Mathias cedera. Namun, mereka tidak mengerti bahasanya, dan Amy pun mengamuk melemparkan sebuah bagian dari tanaman rambat, mengenai seorang anak laki-laki. Suku Suku Mayan terlihat memarahi anak laki-laki tersebut dan segera membunuhnya. Amy kembali ke atas menara dan membantu kelompok menurunkan papan untuk sakit punggung, yang mereka gunakan untuk mengangkat Mathias dan berhasil mengangkatnya dan Stacy dari lubang.

Jeff menemukan bahwa Suku Mayan mengelilingi bukit dengan api unggun, dengan orang² bersenjata dan sepertinya hanya menunggu disana. Selama malam itu, Stacy menemukan bahwa sulur dari pohon rambat telah menjalarinya dan masuk melalui lukanya. Tanaman itu sudah dikeluarkannya, namun Stacy menjadi terobsesi bahwa tanaman yang tumbuh di dalam dia. Kemudian, Jeff memeriksa Mathias dan menemukan tanaman rambat membungkus disekitar kaki Mathias dan kakinya dimakan tanaman tsb hingga ke tulang. Bunyi Ponsel mulai terdengar lagi, Stacy dan Amy yang turun ke bawah lubang untuk mencarinya. Stacy dan Amy berjalan ke arah suara dari ponsel, melalui satu atap yg melengkung dari tanaman rambat mengarah ke ruangan yang lebih kecil yang sepenuhnya tertutup tanaman rambat. Mereka melihat-lihat dengan obor dan menemukan mayat terbalut pada tanaman itu. Ternyata Amy menemukan mayat gadis dikenali dari awal film. Stacy menyadari mayat itu memegangi ponsel dan Amy mengambilnya dari pegangan gadis itu. Mereka melihat bahwa telpon sudah rusak. Tiba-tiba, dengan dering itu terdengar lagi. Amy berpaling dan berjalan lambat ke beberapa kumpulan bunga merah, di mana suara itu berasal. Bunga-bunga yang bergetar dan menirukan suara dari ponsel. Amy mencapai dan menyentuh bunga, tiba-tiba ada tanaman rambat membungkus tangannya. Amy menarik diri, tetapi semua tanaman rambat di daerah mulai bergerak dan bergoyang. Obor Amy dirampas dari tangannya oleh tanaman rambat. Amy dan Stacy melarikan diri dari tanaman rambat yg berusaha menjangkau mereka. Eric dan Jeff mengambil Stacy dan Amy keluar dari lubang. Eric mencoba untuk menenangkan Stacy, tetapi ia bergerak menjauh, masih gemetaran. Amy dan Eric dan kemudian memberitahu kepada Jeff bahwa bunga itu yang meniru suara dari dering ponsel, dan Stacy mengatakan bahwa tanaman rambat itu adalah mahluk yg hidup (bergerak).

Kelompok itu mulai menyadari bahwa tanaman rambat itu berbahaya dan bahwa Suku Mayan sebenarnya mencoba untuk menjaga mereka agar terkarantina. Suku Mayan menjaga agar orang asing tetap berada diluar teluk (serta menjaganya dari para penerobos ke reruntuhan setelah mereka menginjakkan di kaki mereka diatas tanaman tsb) dan menggarami tanah seluruh bukit untuk mencegah tanaman rambat merambat lebih jauh. Mathias dengan kondisi sekarat, Jeff mengamputasi kami Mathias' dengan bantuan Eric. Belakangan saat Stacy seperti tertidur, Amy dan Eric terlibat percakapan yang tenang, dengan terbuka membahas situasi mereka. Stacy terbangun, dan menemukan Amy dan Eric berpelukan; dia menuduh mereka sudah tidur bersama, mereka mengklaim Stacy telah mendengar bisikan tanaman rambat tsb. Jeff datang membubarkan keributan, lalu Stacy menyatakan kepadanya bahwa Amy telah menggoda Mathias malam itu di pantai. Selama argumen berlangsung, tak ketahuan oleh mereka sampai akhirnya terlambat, disisi lain, Mathias dibunuh sebagai tanaman rambat menyerbu tubuhnya masuk melalui mulut, sehingga dia mati lemas.


Stacy menunjukan kepada kelompok itu tanaman rambat sedang berkembang di dalam tubuhnya dia. Bahkan setelah Jeff mengiris kulitnya untuk membuang beberapa tanaman rambat, kepanikannya muncul dan menuntut agar dia diperbolehkan untuk mengiris dirinya lagi. Setelah memberikan minuman keras kepada Stacy, kelompok itu menyadari tanaman rambat bergerak di bawah kulit dari dahinya. Sementara yang lain tidur, Stacy melukai dirinya dengan sia-sia mencoba melepaskan tanaman rambat. Setelah kelompok itu menemukannya banyak berdarah dari berbagai luka, Jeff akan mencoba untuk membantu tetapi Stacy melukai tangannya dengan pisau. Stacy kembali mengiris diri sendiri dan ketika Eric mencoba untuk ambil pisau, Stacy menikam jantungnya, dan tak sengaja membunuhnya. Lalu tanaman rambat bergerak merambat mengambil Eric tubuh, Stacy menangis ditangan Amy, memohon agar Amy membunuh dirinya. Bunga pohon rambat meniru suara permohonan Stacy untuk dibunuh. Ketika suaranya mulai membesar dan terdengar lebih jelas, Jeff mengambil pisau dari Eric tubuh dan membunuh Stacy. Menyadari kesempatan menyelamatkan diri mereka kecil, Jeff akhirnya memutuskan bahwa mereka harus mencoba untuk melarikan diri. Dia melumuri tubuh Amy dengan darah Stacy, kemudian membawa dia turun ke bagian bawah reruntuhan, sehingga tampak seolah-olah Amy telah meninggal. Sementara mengalihkan perhatian Suku Mayan untuk memungkinkan Amy untuk melepaskan diri, Jeff terluka parah oleh panah. Dia terjatuh di lapangan, dan tanaman rambat mulai bergerak ke arahnya, menariknya ke arah candi. pemimpin suku Maya kemudian membunuh Jeff dengan tembakan senjata ke kepala. Suku Mayan mengejar Amy tetapi dia berhasil ke mobil dan melaju dengan kencang. Nampak sekilas, tanaman rambat menjalar di dahi Amy ! hiiiy..

Kemudian, orang² Yunani teman Dimitri pun tiba di reruntuhan, mencari Dimitri. Mereka berjalan di jalur tersembunyi dan menuju bukit, kiranya untuk menderita nasib yang sama seperti yang lain.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

My review

Melihat rating film ini di IMDB,
kelihatannya film ini menjanjikan.
Tema horor tentang mahkluk seperti
tanaman bukan tema baru di Hollywood.

Bagi yg suka film horor dgn tingkat
keseraman tinggi mungkin kecewa.

Plotnya sederhana bahkan sangat sederhana
namun dibuat sempurna.
Sempurna dalam arti setiap tindakan
ada penjelasan logisnya
kenapa harus begini, kenapa harus begitu

Cast yg seluruhnya wajah baru di film hollywood

Tingkat ketegangan biasa-biasa saja

Dialognya pun sederhana

Keaslian/keunikan kisah tidak menonjol

so film ini dikategorikan boleh lah..


so my verdict as usual..
Cast : 5/10
Plot : 6/10
Intensity : 6/10
Quotes : 4/10
Originality Story : 5/10
My rating overall: 6/10

Penn.





.
.

No comments:

Post a Comment


Please leave your comment here..
No profanity please ..

Don't Forget to Visit Here..

`Encyclopaedia Metallum: The Metal Archives

`Google[dot]Com

`Lemari Buku Vina

`Internet Movie DataBase

`Wikipedia